Makalah Keolahragaan – Permainan Tradisional

BAB I
PENDAHULUAN

 A.   Latar Belakang

Keadaan anak kecil baik secara fisik maupun mental belum sempurna. Dan kesempatan untuk melatih potensi-potensi ialah pada waktu bermain. Karena bermain merupakan naluri atau dorongan dan dalam, ini harus diusahakan secara baik dan terkontrol. Oleh karena itu bermain merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

 B.   Manfaat Bermain

Setelah mempelajari permainan ini kita dapat memahami konsep -konsep bermain, mampu memanfaatkan situasi untuk kepentingan pendidikan dengan kata lain diterapkan bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain.

BAB II
PEMBAHASAN

RUSA DAN PENEBANG

  1. Jumlah pemain      : Tak terbatas
  2. Alat                           : -

Aturan Bermain

Pada permainan ini pertama- tama yang harus kita lakukan yaitu membuat 2 barisan dan saling berhadapan dan masing-masing barisan di beri nama misalnya barisan A di juluki dengan nama Rusa barisan B pohon.dan kelompok pohon harus berpasangan minimal 2 orang, setelah itu peserta harus siap-siap untuk mendengar intruksi atau aba-aba yang di berikan oleh dosen ketika mendengar aba-aba atau dosen mengatakan penebang maka Rusa harus mencari perlindungan. jika tidak dapat perlindungan maka akan di beri hukuman.

Tujuan permainan ini yaitu untuk melatih konsentrasi.

PAGAR BERJALAN

  1. Jumlah pemain      :       Tak terbatas
  2. Alat                           : -

 Aturan Bermain

Pada saat kita ingin melakukan permainan ini terlebih dahulu kita membagi peseta menjadi beberapa kelompok. Setelah itu peserta berjejer dengan dua barisan dan di depannya juga begitu langkah selanjutnya setiap kelompok saling memopong bahu atau dengan kata lain tangannya masing-masing melingkar ke leher temannya, setelah itu masing-masing kelompok harus menciptakan lagu yelyel untuk digunakan saat berjalan. Dan ketika Dosen memberi aba-aba misalnya Dosen mengatakan ke kiri maka kita harus melangkah ke kiri sambil menyanyikan lagu yel-yelnya. kalau dosen mengatakan ke kanan maka kita harus ke kanan. Begitu seterusnya.

Tujuannya menilai kekompakan dan keserasian dalam bermain.

SERANG MENYERANG

  1. Jumlah pemain      : 5-6 orang
  2. Alat                           : -

Aturan Bermain

Permainan serang menyerang ini terdiri dan beberapa kelompok dan setiap kelompok minimal berjumlah 5 – 6  orang dan masing-masing kelompok mempunyai nama misalnya kelompok 1 di kasih nama Belanda ,kelompok 2 Amerika begitupun dengan kelompok lain punya nama. saat memulai permainan kita harus konsentrasi mendengar aba-aba dengan baik, saat Dosen mengatakan Belanda serang Amerika maka kelompok Belanda bersiap dan orang pertama mengatakan Bersedia, ke 2, siap ,3, ya, 4, tembak, 5 dan 6 Doooooorrrrrrrrrrrrr !!!!!!!!!!!! kelompok tersebut sambil berlari menuju ke kelompok Amerika.

Tujuan Permainan ini yaitu kekompakan juga.

BERMAIN DENDE

  1. Jumlah pemain      : Min 4-5 orang
  2. Alat                           : -

 Aturan bermain

Pada permainan Dende ini kita minimaI berjumlah 4 – 5  orang saja supaya keseimbangan bisa tercapai. yang harus kita lakukan pertama yaitu saling mengaitkan kaki kita ke kaki teman kita setelah dikaitkan kita berjalan dan berlomba dengan kelompok yang lain.

Tujuannya ialah kekompakan.

BERMAIN JARING

  1. Jumlah pemain      : Tak terbatas
  2. Alat                           : -

 Aturan Bermain

Permainan jaring ini pertama tama yang kita lakukan yaitu ada peserta yang harus kita tangkap dengan jaring pesertanya minimal 3 orang. Dan selain dari itu peserta yang lain membuat setengah lingkaran dan saling berpegangan tangan, kemudian permainan akan segera di mulai peserta yang berada di tengah lingkaran tadi mulai berlari ketempat yang sulit untuk di jangkau. setelah sempritan di bunyikan peserta yang melingkar berusaha untuk menangkap dan salah satu dan ke 3 orang tadi. jika salah satu dan ke 3 tadi sudah tertangkap maka Ia diganti lagi. Begitu seterusnya.

Tujuannya yaitu menilai kekompakan kita.

GELINDING BOLA

  1. Jumlah pemain      : Tak Terbatas
  2. Alat                           : BOLA

Aturan Bermain

Dalam permainan ini jumlahnya tidak terbatas cuman terdiri dan 2 kelompok. permainan ini tidak jauh berbeda dengan permainan sepak bola bedanya cuman tangan kita karena dalam permainan ini tangan yang kita gunakan bukan kaki. tapi caranya tidak jauh berbeda.

Tujuan yaitu kekompakan.

TABUR BUNGA

  1. Jumlah pemain      : 5 orang
  2. Alat                           : kertas berbagai macam warna. Gunting

Aturan bermain

Dalam permainan ini pertama yang kita lakukan adalah membuat satu kelompok yang terdiri dan minimal 5 orang satu kelompok. kemudian ia harus mempersiapkan alatnya mulai dari kertas yang setiap kelompok harus berbeda warnanya, kertas itu di gunting menjadi 10 bagian setelah itu, setiap kelompok berbaris sesuai dengan kelompoknya dan permainan di mulai, dari barisan yang terdepan menaburkan kertas yang sudah digunting tadi setelah menaburkan, Ia berlari mengambil barisan paling belakang. Kemudian barisan ke dua berlomba untuk memungut kertas tadi sesuai warna yang telah di taburkan dengan teman sekelompoknya. begitupun barisan ke 3 sampai semua kena giliran.

Tujuan permainan ini yaitu; untuk menguji kejujuran kita atau dengan kata lain tidak berhak mengambil milik atau barang orang lain.

KERAPIAN DAN KESERASIAN

  1. Jumlah pemain      : Minimal 6 orang
  2. Alat                           : -

Aturan bermain ialah:

Pertama yang kita lakukan adalah mencari anggota minimal 6 orang kemudian di bagi menjadi beberapa kelompok, setelah itu saat permainan sudah di mulai maka kita harus memegang pundak teman kita untuk menjaga keseimbangan karena kita cuman berjalan dengan satu kaki saja sambil bernyanyi dan berlomba dengan kelompok yang lain.

Tujuannya yaitu untuk melatih kesimbangan, keserasian dan kekompakan.

KOMUNI KATA

  1. Jumlah pemain      :       Tak terbatas.
  2. Alat                           : -

 Aturan Bermain

Permainan komuni kata ini tidak asing lagi bagi kita biasanya kita sering melakukan saat bersama teman-teman kita waktu kecil dulu, cara bermainnya yaitu kita dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian di setiap kelompok diberi kertas yang berisi kalimat, setelah membaca kalimat itu barisan yang paling depan membisikkan kalimat itu ke telinga temannya dan harus berurut mulai dan depan begitupun dengan kelompok Iain, setelah selesai sampai barisan paling belakang Ia harus melapor tentang isi kalimat yang di ucapkan oleh temannya. Jika kalimat yang di ucapkan itu tidak sesuai dengan kalimat yang pertama maka kelompok tersebut harus di hukum.

 Tujuan permainan ini yaitu untuk melatih indra pendengaran kita dan daya tangkap kita terhadap kebenaran kata-kata saat menyampaikan suatu kalimat.

LINGKARAN BESAR/MENCARI TEMAN

  1. Jumlah pemain      : Tak Terbatas
  2. Alat                           : -

 Aturan bermain

Pada saat kita melakukan permainan ini pertama kita harus membuat suatu lingkaran dan berjalan sambil bernyanyi dan di tengah lingkaran itu ada dosen yang memberi kita arahan atau aba-aba saat kita berjalan dan dosen menaikkan tangannya misalnya saja 3 maka kita harus mencari pasangan dengan jumlah 3 orang jika kata tidak dapat pasangan maka kita akan di beri hukuman.

 Tujuan dan bermain ini yaitu untuk melatih konsentrasi kita.

MEMBALIKKAN BADAN

  1. Jumlah pemain      :       Tak terbatas
  2. Alat                           : -

 Aturan Permainan

Dalam permainan ini jumlah peserta tidak terbatas ,yang pertama kita lakukan dalam permainan ini kita harus membuat lingkaran dan kita harus sating berpegangan tangan. Setelah itu membalikkan badan.

 Tujuan permainan ini untuk menilai kekompakan.

KUCING DAN TIKUS

  1. Jumlah pemain      : Minimal 2-3 orang
  2. Alat                           : Sapu tangan

 Aturan bermain

Dalam melakukan permainan ini pertama yang perlu kita lakukan ialah menentukan mana kucing dan tikusnya. Setelah itu peserta yang lain membuat suatu lingkaran. Kucing dan tikus berada dalam lingkaran tersebut. Dan yang berperan sebagai kucing matanya hams di tutup sapu tangan terus tikusnya harus membunyikan sempritan sebagai alat atau penunjuk kemana arahnya tikus tersebut dan ketika tikusnya tertangkap maka akan digantikan dengan pemain lain.

Tujuan Permainan yaitu untuk menguji pendengaran kita dan daya tangkap kita.

MENARA

  1. Jumlah pemain      : Tak terbatas
  2. Alat                           : -

 Aturan bermain ialah:

Pertama-tama yang kita lakukan dalam permainan ini adalah mencari anggota kelompok yang jumlahnya tidak terbatas ,misalnya kelompok pertama membuat suatu kreasi seperti menara, dengan cara misalnya 4 orang yang saling berpegangan dan 3 orang yang naik ke punggung teman dan yang terakhir berjumlah 2 orang yang paling atas sating berpegangan. begitu pun dengan kelompok yang lain ,setelah itu pelatih menilai masing-masing kelompok.

Tujuan dalam permainan ini adalah untuk melatih keseimbangan ,dan kekompakan.

BAB III

PENUTUP

 A.   Kesimpulan

Berdasarkan permainan yang kita lakukan atau praktekkan, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa permainan itu sangat penting bagi kehidupan agar fikiran tidak jenuh

 B.   Kritik dan Saran

Kami mengharapkan kritik dan saran terhadap makalah ini yang bersifat karena makalah yang kami buat ini sangatlah jauh dan kesempurnaan.

About these ads

Perihal andiagussalim
1. Pusat Rental Komputer & Jasa Pengetikan 2. Percetakan 3. Penerbitan 4. Fotography & Videography Lokasi : Jln. Wijaya Kusuma Raya No. 62 Banta-bantaeng Makassar 90222

2 Responses to Makalah Keolahragaan – Permainan Tradisional

  1. teguh pribawa mengatakan:

    Makasih Gan!
    Izin Copas ya!

  2. onesetia82 mengatakan:

    widih ada makalah ya disini . . . :)
    btw ni saya bayar hutang . . . LUNAS bro . . . :D

Komentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s